Aktivitas Individu 1

Aktivitas TIK-K10-01 Integrasi Word dan Excel

Seringkali, kalian perlu untuk membuat laporan yang mengandung gambar dan diagram (chart). MS Word menyediakan editor gambar tetap terbatas dan tidak direlasikan dengan data. Jika diagram berasal dari data yang diolah dan dibuat dengan MS Excel, kita perlu “memindahkan” diagram yang berasal dari data dan dibuat di MS Excel, menjadi potongan gambar pada MS Word.
Kalau data berubah, kita harus mengulangi proses yang sama.

Langkah-Langkah Aktivitas (Tampilan yang disajikan menggunakan MS Office 2016):

  1. Buka aplikasi MS Word.
  2. Klik menu Insert Chart.
  3. Pilih jenis diagram yang diinginkan. Maka, akan muncul tampilan diagram secara otomatis pada Word dan Excel yang memuat datanya, seperti pada gambar berikut.
    Gambar 1. integrasi word dan excel

  4. Lakukan pengubahan pada data sesuai dengan yang diperlukan. Banyaknya baris maupun kolom dapat disesuaikan. Kemudian, Tutup MS Excel.
  5. Ubahlah judul diagram dengan melakukan double click pada Chart Title. Tulis judul sesuai dengan yang diinginkan, seperti contoh berikut.


Pertanyaan Pemahaman
Jawablah pertanyaan di bawah ini dalam Buku Catatan, dan jangan lupa mencatat kegiatan dalam Jurnal!

  1. Apakah kalian menyadari, bahwa dengan melakukan hal di atas, kalian mengaktifkan (“memanggil”) MS Excel saat sedang memakai MS Word? Menurut kalian, apa yang terjadi? Mengapa bisa demikian?
  2. Apa bedanya misalnya, dengan mengerjakan tabel dan gambar dengan menggunakan MS Excel, kemudian hasilnya dibawa dalam bentuk gambar (misalnya dengan “sniper” atau mengambil potongan layar menjadi gambar) sehingga tersimpan di Clipboard. Setelah itu, kalian membuka MS Word dan melakukan paste dalam dokumen MS Word.


EmoticonEmoticon