Rabu, 11 September 2019

KD 4.3 Menyusun kembali format dokumen pengolah kata | Part 1

 Pemanfaatan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Bagian 1

 Perangkat pengolah kata adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan pengolahan kata. Dengan perangkat lunak pengolah kata, anda dapat membuat, mengedit, menyimpan dan mencetak data digital yang anda buat. Salah satu perangkat lunak pengolah kata yang banyak di gunakan adalah Microsoft Word (MS Word), MS Word terdapat dalam paket penjualan Microsift Office.



MANFAAT/FUNGSI
Microsoft Word 2016 adalah aplikasi pengolah kata yang sangat populer pada saat ini, Aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini terdapat dalam satu paket Microsoft Office 2016. Microsoft word yang paling sering dipakai oleh kebanyakan orang selain microsoft excel dan power point. Dengan microsoft word dapat memudahkan kerja manusia dalam melakukan pengetikan surat maupun dokumen lain.

Fungsi Microsoft Word 2016
Membuat  dokumen dan menyimpan dokumen
Membuat surat
Membuat grafik dan tabel
Membuat tulisan dengan berbagai variasi (warna dan jenis huruf)
Memasukan gambar
 

 Memulai Microsoft Word

 Menggunakan Windows 10

  • Langkah Pertama : Klik menu Start
  • Cari Word 2016 dari submenu dan klik.
  • Atau ketik Word 2016 pada kolom pencarian jika tidak ditemukan pada menu start

Mengenal Jendela Kerja MS Word

Gambar 1. Tampilan Jendela MS Word

1. Quick Access Toolbar

Ini akan kamu temukan tepat di atas File Tab. Ini adalah tempat untuk menambahkan perintah yang paling sering digunakan di Word. Kamu dapat menyesuaikan toolbar ini berdasarkan kenyamanan kamu.

2. Ribbon

Ribbon berisi perintah yang diatur dalam tiga komponen yaitu :

  • Tabs : Tab ini muncul di bagian atas Pita dan berisi grup perintah terkait. File, Insert, Page Layout, dll adalah contoh tab pita.
  • Groups : Mereka mengatur perintah terkait; setiap nama grup muncul di bawah grup di Ribbon. Misalnya, sekelompok perintah yang terkait dengan font atau kelompok perintah yang terkait dengan perataan, dll.
  • Commands : Perintah muncul dalam masing-masing grup sebagaimana disebutkan di atas.

3. File Tab

File Tab menggantikan tombol Office dari Word 2007. Kamu dapat mengkliknya untuk memeriksa tampilan Backstage. Di sinilah kamu datang ketika kamu perlu membuka atau menyimpan file, membuat dokumen baru, mencetak dokumen, dan melakukan operasi terkait file lainnya.

4. Title Bar

Ini terletak di tengah dan di atas jendela. Bilah judul menunjukkan judul program dan dokumen.

5. Help

Ikon Bantuan dapat digunakan untuk mendapatkan bantuan dengan mengetikkan kata yang ingin dicari. Ini memberikan tutorial yang bagus tentang berbagai subjek yang berhubungan dengan kata. Misal : kamu ingin mencari kata Print maka kamu bisa mencarinya disini.

6. Dialog Box Launcher

Ini muncul sebagai panah yang sangat kecil di sudut kanan bawah tiap grup yang ada pada ribbon. Mengklik tombol ini membuka kotak dialog atau panel tugas yang memberikan lebih banyak opsi tentang grup.

7. Rulers

Word memiliki dua penggaris – penggaris horizontal dan penggaris vertikal. Penggaris horizontal muncul tepat di bawah Ribbon dan digunakan untuk mengatur margin dan tab stops. Penggaris vertikal muncul di tepi kiri jendela Word dan digunakan untuk mengukur posisi vertikal elemen pada halaman.

8. Document Area

Ini adalah area tempat kamu mengetik. Bilah vertikal berkedip disebut titik penyisipan dan itu mewakili lokasi di mana teks akan muncul ketika kamu mengetik.

9. Status Bar

Ini menampilkan informasi dokumen serta lokasi titik penyisipan. Dari kiri ke kanan, bilah ini berisi jumlah total halaman dan kata-kata dalam dokumen, bahasa, dll.

Anda dapat mengonfigurasi bilah status dengan mengklik kanan di mana saja di atasnya dan dengan memilih atau membatalkan pilihan dari daftar yang disediakan.

10. View Buttons

Tombol View yang terletak di sebelah kiri kontrol Zoom terbagi menjadi 5, dekat bagian bawah layar, memungkinkan kamu untuk beralih melalui berbagai tampilan dokumen Word. Selain itu tombol ini juga ada di Tab menu.

  • Print Layout view : Ini menampilkan halaman persis seperti yang akan muncul ketika dicetak. Kebanyakan orang lebih suka mode ini
  • Full Screen Reading view : Ini memberikan tampilan layar penuh dari dokumen.
  • Web Layout view : Ini menunjukkan bagaimana dokumen muncul ketika dilihat oleh browser Web, seperti Internet Explorer.
  • Outline view : Ini memungkinkan kamu bekerja dengan kerangka yang ditetapkan menggunakan gaya tajuk standar Word.
  • Draft view : Ini memformat teks seperti yang muncul pada halaman yang dicetak dengan beberapa pengecualian. Misalnya, header dan footer tidak ditampilkan.

11. Zoom Control

Zoom Control memungkinkan Kamu memperbesar untuk melihat teks Kamu lebih dekat. Zoom Control terdiri dari slider yang dapat Kamu geser ke kiri atau kanan untuk memperbesar atau memperkeci, atau kamu dapat mengklik tombol + untuk menambah atau mengurangi faktor zoom.

12. Sign in

Ini memungkinkan para pengguna untuk menautkan akun Microsoft.

13. Share

Ini memungkinkan kamu untuk dapat menyimpan file kerja kamu secara online.

14. Control Window

Control Window adalah kumpulan untuk mengatur jendela, pada bagian ini terdapat empat buah icon, yaitu:

  1. Minimize : Ikon ini dapat digunakan untuk menutup sementara jendela aplikasi dan menampilkannya pada taskbar
  2. Restore Down : ikon ini digunakan untuk memperkecil jendela aplikasi menjadi setengah ukuran semula.
  3. Maximize : icon ini di gunakan untuk memperbesar ukuran jendela aplikasi menjadi satu layar penuh
  4. Close : icon ini di gunakan untuk mentup jendela aplikasi

Tampilan Backstage Microsoft Word 2016

Tampilan Backstage diperkenalkan di Word 2016 iIni bertindak sebagai tempat utama untuk mengelola dokumen kamu. Tampilan Backstage membantu dalam membuat dokumen baru, menyimpan dan membuka dokumen, mencetak dan berbagi dokumen, dan sebagainya.

Mendapatkan ke Backstage View itu mudah : Cukup klik tab File, yang terletak di sudut kiri atas Ribbon Word. Jika kamu tidak memiliki dokumen yang dibuka, maka kamu akan melihat jendela daftar semua dokumen yang baru saja dibuka.

Gambar 2. Tampilan back stage

Dan berikut ini akan dijelaskan :

1. Info

Ketika kamu mengklik opsi Info yang tersedia di kolom pertama, itu menampilkan informasi seperti  Protect Document, Inspect Document, dan Manage Document.

Ketika kamu mengklik opsi Info yang tersedia di kolom pertama, itu menampilkan berbagai Properties di kolom ketiga. Properties ini termasuk ukuran dokumen, jumlah halaman dalam dokumen, jumlah kata dalam dokumen, nama penulis, dll.

Kamu juga dapat mengedit berbagai properti dengan mengklik pada nilai properti dan jika properti dapat diedit, maka itu akan menampilkan kotak teks di mana kamu dapat menambahkan teks seperti judul, tag, komentar, Penulis.

2. New

Opsi ini digunakan untuk membuka dokumen baru.

3. Open

Opsi ini digunakan untuk membuka dokumen kata yang ada.

4. Save

Ini adalah opsi untuk menyimpan lembar kerja. Jika dokumen yang baru dibuat dan belum disimpan, akan menampilkan kotak dialog yang menanyakan nama dokumen.

5. Save As

Kotak dialog akan ditampilkan meminta nama dokumen dan jenis dokumen, secara default akan menyimpan dalam format word 2016 dengan ekstensi .docx.

6. Print

Opsi ini digunakan untuk mencetak dokumen yang terbuka.

7. Share

Opsi ini akan menyimpan dokumen terbuka dan akan menampilkan opsi untuk mengirim dokumen menggunakan email, dll.

8. Export

Opsi ini memungkinkan kamu untuk menyimpan dokumen ke dalam format PDF / XPS Document, atau dengan tipe format lainnya.

9. Close

Opsi ini digunakan untuk menutup dokumen yang terbuka.

10. Account

Opsi ini menampilkan informasi produk Office kamu.

11. Options

Opsi ini digunakan untuk mengatur berbagai opsi yang terkait dengan Word 2016. Untuk keluar dari Tampilan Backstage ini sangatlah mudah. Cukup klik tombol Panah diatas tab Info atau tekan tombol Esc pada keyboard untuk kembali ke mode kerja Word.


Ok kalau belum jelas bisa di lihat di video berikut ini










Artikel Terkait


EmoticonEmoticon