Senin, 24 Mei 2021

3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan







Komunikasi Sinkron dan Asinkron dalam Jaringan


Dalam Mata Pelajaran Simkomdig yang dimaksud dengan “komunikasi dalam jaringan” (komunikasi daring) adalah komunikasi menggunakan teknologi digital dengan sarana Internet. Penggunaan jenis transmisi komunikasi akan mempengaruhi keserempakan waktu komunikasi.


Pengertian Komunikasi

Komunikasi telah digunakan sejak manusia pertama diturunkan ke muka bumi. Para ahli memaknai komunikasi antara lain sebagai berikut :

Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk mengubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan (Effendy, 2000 : 13).


Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan, informasi, dari seseorang ke orang lain (Handoko, 2002 : 30).

Tidak ada kelompok yang dapat eksis tanpa komunikasi. Menurut Robbins (2002 310) komunikasi adalah pentransferan makna di antara anggota kelompok. Lewat pentrasferan makna, informasi dan gagasan dapat dihantarkan. Tetapi komunikasi bukan hanya sekedar menanamkan makna tetapi juga harus dapat dipahami.

 


Terdapat dua jenis transmisi komunikasi.

 

Komunikasi daring sinkron (serempak)

 


 

Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat seperti komputer, smartphone, dan sejenisnya yang terkoneksi dengan internet sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time).

Contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut.

Text chat, adalah sebuah fitur, perangkat lunak, atau program dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung antara sesama pemakai Internet yang sedang daring (yang sama - sama sedang menggunakan internet). Komunikator dapat mengirim pesan dengan teks kepada orang lain yang sedang daring, kemudian orang yang dituju (komunikan) membalas pesan dengan teks, demikian seterusnya. Itulah proses terjadinya text chatting.

 

Video chat, merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda dengan syarat terkoneksi internet. Video chatting biasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun Tablet atau smartphone (juga disebut video call).

Video chatting dapat berupa interaksi point-to-point (satu-satu), seperti FaceTime dan Skype, atau interaksi multipoint (satu-ke-banyak, atau banyak-ke- banyak), seperti dalam Google+ Hangouts.

Video Chatting sering disalah artikan dengan video conference. Video Chatting merujuk pada komunikasi video di antara dua orang individu (point to point), sedangkan video conference mengacu pada komunikasi video di antara 3 pihak atau lebih (multipoint).


Komunikasi daring asinkron (tak serempak)

 

 

Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.


Prosedur Komunikasi Daring Sinkron-Asinkron

Prosedur yang dimaksud dalam hal ini adalah proses transmisi. Sebelum membahas proses transmisi, harus mengetahui jenis perangkat (ware). Komponen-komponen tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian sebagai berikut :


Perangkat keras (hardware)


 

Perangkat yang bentuknya dapat dilihat ataupun diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata. Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi daring adalah komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung lainnya.


Perangkat lunak (software)
 

 

Program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Program diperlukan sebagai jembatan antara perangkat akal (brainware) dengan perangkat keras (hardware).

Program-program yang biasa digunakan dalam pelaksanaan komunikasi daring antara lain: Skype, Google Hangouts, web conference, dan sejenisnya.


Daya nalar atau akal (brainware)


 

Termasuk dalam komponen ini adalah mereka (manusia) yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi daring.

 

Untuk mempermudah pemahaman tentang proses transmisi sinkron-asinkron, akan menggunakan analogi. Sebagai ilustrasi transmisi sinkron adalah melakukan panggilan melalui telepon.

Ketika melakukan panggilan telepon, Anda menghubungi nomor orang lain dan menunggu sampai orang itu menerimanya. Kemudian Anda akan mengatakan sesuatu, dan pada saat yang sama orang itu mendengarkan Anda. Bergantian, orang itu mengirimkan data (berbicara dengan Anda) dan pada saat yang sama Anda menerimanya (mendengarkan orang itu). Pada akhir komunikasi, salah satu dari kalian mengatakan "END OF TRANSMISSION" (salam/terima kasih), yang lain mengatakan "Acknowledged" (salam/ok/terima kasih) dan kemudian keduanya menutup telepon.

 

Sedangkan ilustrasi asinkron diilustrasikan dengan berkirim surat.

Anda menulis surat dan menaruhnya di kantor pos untuk dikirimkan kepada orang lain. Sementara kantor pos mengurusnya, Anda tidak menunggu, tetapi melakukan aktivitas lain yang berbeda.

Kemudian orang tersebut menerima surat itu. Sementara dia membacanya, Anda masih melakukan berbagai hal lain. Kemudian orang itu membalas surat dari Anda.

Dalam semua hal Anda tidak terlibat dalam proses pengiriman surat orang itu. Keesokan harinya Anda mendapatkan pesan (sinkron) (signal) dari sistem (petugas pos). Dia (petugas pos) mengatakan: "Ada surat/pesan untuk Anda". Bisa juga Anda melihat kotak surat setiap lima menit untuk memeriksa apakah ada surat baru di dalamnya. Anda menghentikan pekerjaan Anda yang lain untuk menerima surat orang itu dan membaca jawaban balasannya. Lalu Anda akan melakukan sesuatu berdasarkan isi surat jawaban ini. Tapi ini adalah hal yang tidak akan disadari oleh orang itu, karena dia tidak terlibat dalam apa yang Anda lakukan dengan jawaban asinkron.

 

Kelebihan dari transmisi sinkron adalah komunikasi dengan orang lain dapat dilakukan saat itu juga/real time, namun akan menjadi masalah apabila salah seorang dari orang yang melakukan komunikasi mengalami kendala ketika melakukan transmisi komunikasi (sinyal terputus, adanya gangguan yang disebabkan cuaca atau bencana). Sedangkan kelebihan dari komunikasi asinkron adalah bisa melakukan hal lain yang tidak terkait dengan apa yang dilakukan orang yang mengirimkan informasi, dan bisa dilihat kapanpun yang diinginkan.

 

Layanan Aplikasi Komunikasi Sinkron

Komunikasi langsung, serempak, atau sinkron adalah penggunaan komputer untuk berkomunikasi dengan individu lainnya pada waktu yang sama melalui bantuan perangkat lunak. Salah satu contoh dari komunikasi langsung adalah text chat, video chat, video conference, dan lainnya.

 

Layanan text chat memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi menggunakan teks dengan pengguna lainnya. Perbedaan mendasar antara text chat dengan e-mail adalah sifat text chat yang merupakan komunikasi sinkron, memastikan pesan yang dikirim akan dibaca saat itu juga jika pengguna lainnya sedang daring. Sedangkan e-mail dapat berupa komunikasi daring sinkron jika mitra komunikasi sedang daring dan di depan perangkat, dapat pula berupa asinkron jika mitra komunikasi tidak daring, pada hal ini isi informasi yang dikirim akan dibaca pada waktu yang berbeda. Contoh layanan text chat antara lain Google Hangouts, Yahoo Messenger, Facebook chat, dll. Terdapat juga layanan text chat yang berbasis pesan (messenger) seperti Telegram messager, Whatsapp, Line, Kakao Talk, dll.

 

Berbeda dengan layanan text chat, layanan video chat, disebut juga video call atau video phone, memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi antarpribadi, dengan menghadirkan mitra bicara dalam bentuk visual dengan suara ke hadapan komunikator. Pada umumnya, video chat harus dilaksanakan secara sinkron, di mana pengguna dan mitra bicaranya harus berada di depan komputer secara serempak (pada waktu yang bersamaan). Contoh layanan video chat antara lain Facebook Video Call, Skype, Google Hangouts, FaceTime, dan lain-lain.

 

Video conference merupakan layanan video chat yang dilakukan oleh 3 orang atau lebih (multipoint) dengan beberapa layanan tambahan seperti berbagi layar, papan tulis, dll. Beberapa layanan video chat juga dapat digunakan untuk video conference, antara lain Google Hangout, Skype, Bigbluebutton, Cisco webex, dll.

 

Saat ini telah terdapat layanan video call dan video conference yang dapat digunakan secara bersamaan, contohnya antara lain: Skype, Bigbluebutton, Cisco Webex, Google Hangout, UMeetMe.

Setiap layanan video call dan video conference tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 

Google Hangout merupakan layanan video chat dan video conference yang bersifat gratis dan memiliki beragam fitur di dalamnya. Fitur-fitur tersebut antara lain: video conference hingga 25 partisipan, berbagi layar, berbagi gambar atau foto, video, dll. Mempertimbangkan berbagai layanan tersebut, dalam hal ini akan dibahas pemanfaatan Google Hangout untuk melakukan komunikasi sinkron

 

Google Hangout

Google Hangout dapat digunakan untuk mengirim pesan, membuat panggilan audio atau video, dan berbagi foto, lokasi, dan stiker. Selain aplikasi web, tersedia juga aplikasi mobile untuk iOS dan Android yang memungkinkan untuk melakukan hangout ketika berada di luar ruangan.

Hangout akan melakukan sinkronisasi secara otomatis pada perangkat yang digunakan. Jika ingin melakukan Hangout menggunakan komputer, maka dapat melakukan sinkronisasi dengan perangkat lain, misalnya smartphone.

Untuk menggunkan Hangout, harus dipenuhi persyaratan berikut.

  • Akun Google. Jika belum memilikinya, silakan membuat akun Gmail terlebih dahulu pada materi Membuat akun Gmail.
  • Perangkat yang memiliki mikrofon, kamera, dan speaker.

Percakapan teks

Google Hangout merupakan salah satu perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan percakapan teks (chatting) atau pesan dengan teman dan keluarga. Google Hangout memungkinkan melakukan chatting antara dua orang atau dalam kelompok (maksimal 150 orang), mengirim gambar, dan bahkan mengirim pesan teks ke ponsel.

Panggilan Video

Selain menyediakan percakapan menggunakan teks, Google Hangouts juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan video dan telpon. Ini salah satu cara untuk berkomunikasi dengan teman-teman dan keluarga. Panggilan Google Hangouts ke nomor telepon akan dikenakan tarif panggilan, oleh karena itu pada pembahasan ini akan dikhususkan kepada panggilan video.

 

Panggilan video merupakan layanan gratis dari Google Hangouts, namun sebelum melakukan panggilan video perlu dipersiapkan kebutuhan yang diperlukan, misalnya kamera, mikrofon, dan speaker. Pastikan juga jaringan yang akan digunakan memiliki kecepatan yang dibutuhkan agar tercapai komunikasi yang lancar dan maksimal. Kecepatan internet ideal untuk melakukan panggilan video adalah 2.6 Mbps untuk panggilan 1:1 hingga 4.0 Mbps untuk panggilan grup dengan 10 anggota

 

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan komunikasi sinkron agar tidak terjadi kesalahpahaman. Beberapa tata krama dalam komunikasi sinkron, khususnya video conference antara lain sebagai berikut.

  • Periksa peralatan yang akan digunakan.
  • Hadirlah tepat waktu sesuai dengan kesepakatan.
  • Dalam video conference, akan diminta untuk memasukkan nama pengguna. Gunakanlah nama asli, instansi/sekolah, dan lokasi yang benar, misalnya Andre Septian SMK Maju Padang. Hal ini akan memudahkan pengguna lain untuk mengetahui siapa lawan bicaranya..
  • Jika menggunakan mikrofon, carilah lingkungan yang tenang, jangan sampai ada suara di sekitar yang mengganggu jalannya komunikasi. Jangan lupa menonaktifkan mikrofon jika sedang tidak digunakan.
  • Walaupun tidak bertatap muka dengan peserta lainnya, tetap gunakan pakaian yang sesuai dengan acara.
  • Perkenalkan diri sebelum berbicara, pastikan suara dapat terdengar oleh semua peserta.
  • Saat dipersilakan berbicara, teruslah berbicara. Jika terdapat masalah teknis, peserta lain atau moderator akan menginformasikannya.
  • Fokus pada diskusi, jangan melakukan aktivitas lain ketika sedang melaksanakan video conference.

 

Layanan Aplikasi Komunikasi Asinkron

Komunikasi daring asinkron atau komunikasi tidak serempak adalah komunikasi yang dilakukan menggunakan jaringan internet dan dilakukan secara tunda. Jenis komunikasi asinkron antara lain e-mail, forum, blog, jejaring sosial (social network) dan website. Di dalam buku ini, hanya akan dibahas penggunaan e-mail sebagai salah satu bentuk komunikasi asinkron.

E-mail singkatan dari electronic-mail yang berarti surat elektronik, disingkat surel. Alamat e-mail merupakan bagian dari identitas di dunia maya. Hampir seluruh layanan daring mensyaratkan kepemilikan e-mail untuk mengakses layanan tersebut. Kelebihan e-mail dibandingkan surat biasa yaitu:

  • e-mail akan langsung terkirim ke alamat tujuan dalam waktu yang singkat;
  • e-mail dapat menampung lampiran (attachment) berupa file digital;
  • Sebagian besar e-mail tidak memerlukan biaya selain untuk koneksi Internet

 

Dari segi layanan, terdapat e-mail gratis dan e-mail berbayar.

E-mail gratis adalah kegiatan surat menyurat melalui jaringan internet tanpa mengeluarkan biaya dalam penggunaannya. Pada umumnya biaya yang diperlukan hanyalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Walaupun kadang terdapat layanan tambahan yang berbayar, misalkan surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.

Contoh e-mail gratis adalah Yahoo! mail, Gmail, Livemail, Hotmail, dan sejenisnya.

E-mail berbayar adalah kegiatan surat-menyurat melalui jaringan internet yang dikenai biaya tambahan. Pengguna diwajibkan membayar untuk berlangganan e-mail dengan layanan yang tidak didapatkan pada e-mail gratis. Sebagai contoh Yahoo! mail plus dengan berbagai layanan tambahan, antara lain: tambahan kapasitas e-mail, nama custom domain email, perlindungan terhadap virus, bebas iklan, dan berbagai layanan tambahan lainnya. Sebagian besar penyedia layanan email berbayar menyediakan layanan email bagi korporasi, seperti Google Suites, Zoho Mail, dll.

Salah satu penyedia layanan e-mail tidak berbayar adalah Gmail. Gmail merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google dan dapat digunakan pada platform komputer/laptop maupun smartphone. Berikut ini merupakan beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Gmail.

Mempunyai kapasitas penampungan e-mail yang besar. Secara terus-menerus kapasitas penampungan tersebut selalu ditambah. Saat ini disediakan penyimpanan sebanyak 15GB.

Terintegrasi dengan fitur Google lainnya, antara lain:
  • Google Chrome, web browser gratis yang dikembangkan oleh Google.
  • Google Search, mesin pencari informasi di Internet.
  • Google Drive, merupakan penyimpanan online (cloud storage) untuk menyimpan dokumen, lembar sebar, presentasi, dll. Penjelasan lebih detail akan disampaikan pada bagian Menggunakan Layanan Google Drive.
  • Google Calendar, yang digunakan untuk mengagendakan berbagai kegiatan.
  • Google Plus (+), yaitu jaringan sosial yang berbasis ketertarikan.
  • Google Maps, untuk membantu melakukan navigasi.
  • Google Play, untuk mengakses playstore Android.
  • Youtube, untuk mengunggah berbagai video.

Blogger, untuk membuat blog. Dalam bahan ajar semester 2 ini, blog yang dimaksud sama seperti penyebutannya dengan Naskah Digital pada bahan ajar semester 1.


Komunikasi merupakan kegiatan yang melibatkan dua atau lebih orang, sehingga perlu diperhatikan tata krama (etiket) dalam melakukannya. Pada komunikasi daring asinkron kedua belah pihak tidak bertemu langsung, sehingga lebih rentan terhadap terjadinya salah paham. Beberapa contoh tata krama (etiket) dalam meggunakan komunikasi asinkron, terutama di menuliskan informasi atau pesan antara lain sebagai berikut.

  • Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan. Bedakan pemilihan kata sesuai hubungan Anda dengan penerima pesan. Saat berkirim pesan pada Guru atau atasan, gunakan bahasa yang formal. Saat berkirim pesan pada teman, dapat menggunakan bahasa yang lebih santai.
  • Tidak menggunakan jenis huruf (font) yang beragam. Gunakanlah font standar, dengan ukuran yang standar. Karena penggunaan font yang beragam akan menyulitkan pembacaan dan melelahkan mata.
  • Kejelasan penulisan subjek, gunakanlah subjek yang dapat langsung dimengerti oleh penerima e-mail.
  • Perhatikan penerima CC, dan perhatikan juga penerima BCC e-mail. Dianjurkan untuk mengirim CC ataupun BCC berdasarkan hak membaca e-mail tersebut.
  • Segera menanggapi pesan yang diterima. Beritahukanlah terlebih dahulu jika membutuhkan waktu tambahan untuk membalas pesan.
  • Tidak meneruskan pesan yang tidak penting. Karena tidak semua orang menyukai lelucon, berita atau gambar yang dikirimkan.












Artikel Terkait


EmoticonEmoticon